Sabtu, 25 Maret 2017

Lokasi dan Rute Menuju Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta

Lokasi dan Rute Menuju Kalibiru Kulon Progo Yogyakarta - Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwa Jogja adalah gudangnya tempat wisata. Berkunjung ke Jogja, seperti tak pernah kehabisan tempat tujuan wisata. Kalian bakal dimanjakan dengan beragam kawasan wisata, baik wisata alam Jogja, wisata budaya maupun wisata yang lainnya. Ada banyak lokasi wisata Jogja yang bisa kalian jadikan sebagai tempat menghabiskan waktu libur kalian. Salah satunya tentu saja adalah tempat wisata Kalibiru. Tempat wisata Kalibiru Kulonprogo ini termasuk tempat wisata baru di Jogja yang sedang naik daun. Untuk penginapan di Jogja, jangan khawatir, karena ada banyak sekali pilihan penginapan murah di Jogja yang bisa kalian jadikan sebagai tempat beristirahat.

Rute Menuju Kalibiru Kulonprogo
Rute Menuju Kalibiru Kulonprogo

Jika berkunjung ke tempat wisata Kalibiru Kulonprogo, kalian bakal bisa menikmati keindahan alam yang sangat menyegarkan. Bukit Menoreh di Kulonprogo selalu bisa menyajikan keindahan alami lukisan Ilahi kepada para pengunjungnya. Maka tak salah jika kalian menghabiskan waktu luang kalian bersama orang terkasih di tempat Wisata Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta. Meski termasuk tempat wisata baru di Jogja, namun lokasi dan rute Kalibiru Kulonprogo termasuk sudah sangat populer, terutama di kalangan mudamudi yang doyan selfie.

Lokasi dan Rute Wisata Kalibiru Kulonprogo

Jika kalian ingin mengetahui loksi dan rute Kalibiru Kulonprogo, jangan khawatir, karena lokasi dan rute Kalibiru Kulonprogo termasuk bukan jalur yang sangat sulit. Anda bisa memulainya dari Jogja, dari Jogja, rute Kalibiru Kulonprogo kurang lebih bisa ditempuh selama 1 sampai 1 setengah jam perjalanan sedang. Selain keindahan alami di Kalibiru Kulonprogo, ternyata lokasi pegunungan ini memiliki sejarah terkait dengan Pangeran Diponegoro. Di pegunungan ini, kabarnya Pangeran Diponegoro pernah berperang melawan Belanda. Secara administratif, lokasi Kalibiru Kulonprogo in terletak di wilayah Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, DIY.

Lokasi Kalibiru Kulon Progo tepat di atas waduk Sermo. Lebih tepatnya, jika kalian ingin menyusuri lokasi dan rute kalibiru Kulon Progo, maka dari Jogka kalian bisa menempuh perjalanan ke arah barat menuju jalan wates. Kemudian, ikuti saja jalan tersebut sampai Anda pada jembatan bantar yang menghubungkan Bantul dan Kulon Progo. Nah, jika Anda sudah sampai pada Sentolo, maka lanjutkan perjalanan Anda dengan belok ke kanan melewati pasar Sentolo. Terus saja ikuti jalan tersebut sampai pada sebuah perepmatan. Jika sudah sampai perempatan, lanjutkan dengan belok kiri menuju ke arah alun-alun Wates.

Setelah sampai Wates, lanjutkan perjalanan ke barat melalui jalan Wates-Sermo. Kemudian setelah melintasi RSUD Wates dan pertigaan, belok saja ke kanan menuju arah Waduk Sermo. Nah, jika sudah sampai Waduk Sermo, maka kalian tinggal mengikuti penunjuk arah menuju ke desa Wisata Kalibiru Kulonprogo. Lokasi dan rute menuju desa Wisata Kalibiru Kulon Progo ini terbilang cukup mudah dan tidak menyulitkan. Namun yang patut Anda perhatikan ketika Anda sedang menyusuri lokasi dan rute Kalibiru Kulonprogo adalah kondisi kendaraan Anda. Motor Anda harus dalam kondisi yang prima, karena adanya tanjakan dari Sermo menuju ke lokasi Kalibiru Kulonprogo.

Baca juga : Rute Jurang Tembelan Mangunan Dlingo 

Keindahan Kalibiru Kulonprogo

Jika Anda sudah sampai ke kawasan Kalibiru Kulonprogo, rasa lelah Anda akan terbayarkan dengan suasana dan pemandangan alami yang menawan. Anda bisa menikmati senja yang romantis di atas pohon. Selain itu, Anda juga bisa meikmati hijaunya pegunungan manoreh dari atas pohon yang akan sangat menyegarkan pikiran lelah kita. Di atas pohon untuk menikmati hamparan alami sudah disediakan tangga gantung dan sebuah papan yang sangat indah untuk berselfie ria.

Desa wisata Kalibiru Kulonprogo yang sekarang sangat indah ini dulunya adalah kawasan yang tandus dan kekeringan. Namun kemudian atas prakarsa dari masyarakat sekitar, maka kemudian diadakan penghijauan dan "penghutanan" kembali lokasi Kalibiru Kulonprogo. Alhasil, dalam waktu beberapa tahun, program tersebut berhasil membuat Kalibiru Kulonprogo menjadi kawasan wisata yang sangat indah dan menjadi tujuan wisata bagi setiap manusia.

Harga Tiket Wisata Kalibiru Kulonprogo

Untuk masuk kawasan wisata Kalibiru Kulonprogo ini tidak lah maha, dan bahkan bisa dikatakan sangat murah. Anda akan ditarik tiket masuk Kalibiru Kulonprogo sebesar 3000 rupiah saja. Sedangkan untuk berfoto di atas pohon, maka akan dikenai biaya tambahan sebesar 5000 rupiah karena pohon ini lah yang kemudian menjadi sebuah ikon di kawasan wisata Kalibiru Kulonprogo. Jika Anda ingin menikmati keindahan Kalibiru Kulonprogo lebih dalam, maka Anda bisa menginap di sana. Karena di daerah wisata Kalibiru Kulonprogo sudah disediakan tempat menginap berupa cottage dengan bangunan yang terbuat dari kayu.


Nah teman-teman, itulah sedikit informasi dari detikpiknik mengani lokasi dan rute Kalibiru Kulonprogo yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Semoga sedikit informasi mengenai lokasi dan rute Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta di atas bisa menambah pengetahuan dan referensi wisata Anda ke depannya. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lokasi dan Rute Menuju Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta

0 komentar:

Posting Komentar