Sabtu, 18 Februari 2017

6 Makanan Khas Wonogiri Yang Paling Ngangenin Sedunia

6 Makanan Khas Wonogiri Yang Paling Ngangenin Sedunia - Makanan khas atau yang sering kita sebut dengan kuliner merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang bikin seseorang akan selalu kangen dengan kampung halamannyya. Apalagi jika seorang itu adalah perantau baik perantau yang ada di dalam negeri sendiri maupun yang ada di luar negeri. Di setiap daerah, tentu memiliki makanan dan kuliner khas tersendiri yang tentunya beda dengan daerah yang lainnya.

Wonogiri yang merupakan salah satu Kabupaten yang ada di selatan Yogyakarta juga memiliki beberapa makanan khas yang akan selalu di ingat dengan betul oleh seluruh warganya yang sudah melancong kesana-kemari. Beberapa makanan ini adalah Makanan Khas Wonogiri Yang Ngangenin dan tak lekang oleh waktu diantaranya adalah :

1. Makanan Khas Wonogiri Nasi Tiwul 

Makanan Khas Wonogiri Nasi Tiwul
Makanan Khas Wonogiri Nasi Tiwul 
Makanan Khas Wonogiri Yang Ngangenin pertama adalah nasi tiwul. Nasi ini merupakan nasi yang sangat khas dari daerah Wonogiri. Nasi ini terbuat dari singkong yang kemudian dikeringkan, setelah kering nasi ini ditumbuk halus. Kalau sekarang menumbuknya dengan mesin kalau zaman dahulu tiwul ini ditumbuk menggunakan lesung, dan hampir seluruh penduduk Wonogiri memiliki alat penumbuk ini. Bagi yang belum terbiasa dengan nasi tiwul maka perut akan terasa panas, dan juga tidak enak, maka nasi tiwul ini sering dikombinasikan dengan nasi putih. Untuk menambah cita rasa dan juga kenikmatan dari nasi tiwul ini bisa ditambahkan dengan urap, sambal yang pedas dan juga beberapa lalapan. Bahkan nasi tiwul jika dikombinasikan dengan ikan laut maka kenikmatanyya akan nonjok banget di lidah. Selain itu makan nasi tiwul ini dijamin perut tidak akan mudah kenyang karena nasi tiwul mengandung banyak sekali karbohidrat. 

2. Makanan Khas Wonogiri Cabuk 

Makanan Khas Wonogiri Cabuk
Makanan Khas Wonogiri Cabuk
Cabuk merupakan Makanan Khas Wonogiri Yang Ngangenin selanjutnya makanan ini terbuat dari ampas  minyak wijen. Warnanya hitam dan juga bentuknya yang unik serta rasanya sangat khas menjadikan makanan ini menjadi makanan yang tak akan lupa dibeli banyak pelancong yang berkunjung ke Wonogiri. Cara membuatnya cukup mudah  ampas minyak wijen kemudian dicampur dengan merang padi kemudian di aduk sehingga akan menghasilkan pasta hitam. Yang paling sering pepesan cabuk dikombinasikan dengan beberapa bahan-bahan lainnya diantaranya adalah, bawang putih, sambal dan juga beberapa bumbu lainyya. 

3. Makanan Khas Wonogiri Pindang Kambing 

Makanan Khas Wonogiri Pindang Kambing
Makanan Khas Wonogiri Pindang Kambing
Makanan Khas Wonogiri Yang Ngangenin selanjutnya adalah Pindang Kambing. Makanan ini dalam segi tekstur dan juga bentuk sangat tidak menggoda. Dan juga bahkan untuk yang pertama kali melihatnya pasti akan merasa jijik dan geli. Makanan ini sangat cocok untuk lauk makan siang dan juga makan malam. Rasanya yang khas akan selalu dikenang para penikmatnya dengan baik. Cara membuat makanan ini pun terbilang sederhana. Caranya adalah tepung gaplek yang sudah matang kemudian dicampur dengan kikil kambing dan juga dengan jeroan kemudian dibungkus dengan daun jati. Konon daun jati inilah yang membuat pindang kambing ini semakin nikmat. 

4. Makanan Khas Wonogiri Jangan Lombok Ijo

Makanan Khas Wonogiri Jangan Lombok Ijo
Makanan Khas Wonogiri Jangan Lombok Ijo

Jangan jika dibahasa Indonesia artinya adalah sayur. Makanan ini merupakan Makanan Khas Wonogiri Yang Ngangenin, bahkan hampir setiap orang yang ada di kota Wonogiri mengenalnya. Makanan ini terbuat dari kuah santan yang kemudian  dicampur dengan potongan lombok hijau, selanjutnya campuran dari kuah dan lombok tersebut ditambah dengan tempe dan tahu sebagai pelengkap. 

Jangan Lombok Ijo ini juga merupakan makanan sehari-hari masyarakat Wonogiri, jenis sayur ini biasanya dihidangkan pada sinag hari dan juga dihidangkan pada malam hari, bahkan di beberapa daerah yang ada di Wonogiri, selalu menggunakan jangan lombok ijo ini sebagai makanan favorit yang akan selalu di nomer satu dan selalu ada di setiap hajatan baik khitanan maupun pesta perkawinan. 

5. Makanan Khas Wonogiri Ayam Panggang 

Makanan Khas Wonogiri Ayam Panggang
Makanan Khas Wonogiri Ayam Panggang
Tak akan pernah sempurna ke Wonogiri tanpa mencicipi rasanya Ayam Panggang Khas Wonogiri ini. Ayam panggang di Wonogiri sangat berbeda dengan ayam panggang yang ada di daerah-daerah lainnya. Ayam panggang di Wonogiri dibakar diatas tungku tanah dan juga di atas kayu bakar asli. Cara memabakar yang alami ini lah yang membuat Ayam panggang ini rasanya sangat nikmat sekali. Bahkan beberapa pelancong akan sangat senang dengan ayam panggang ini. 

Salah satu tempat yang paling terkenal dalam membuat ayam panggang ini adalah miliki ‘ Bu Tiyem “ yang berada di daerah Jatisrono sebelah selatan kota Wonogiri. 

6. Makanan Khas Wonogiri Wader Goreng

Makanan Khas Wonogiri Wader Goreng
Makanan Khas Wonogiri Wader Goreng

Bagi Anda yang sudah pernah ke Wonogiri pasti sudah mengenal dengan Waduk Gajah Mungkur. Nah di area sekitar waduk inilah banyak para penjaja makanan yang menjual makanan ringan khas kota Wonogiri namanya Wader Goreng. Makanan ini merupakan makanan khas Wonogiri yang patut dibanggakan. Ikan ini adalah ikan yang berada di air tawar. Ikan ini hanya sebesar dua jari manusia. Makanan ini sangat cocok untuk dibuat lauk makan siang maupun makan malam. Untuk menambah kenikmatan Wader Goreng ini bisa dicampur dengan sambal yang pedas. 

Awal mulanya ikan jenis ini sangat rendah harganya, namun seiring perkembangan zaman dan juga model pengolahan yang baik dan juga menarik maka lama kelamaan Wader Goreng ini semakin naik kelas, di sekitar Waduk Gajah Mungkur Anda harus membayar 7.500 sampai 10.000 ribu per porsi. Namun harganya akan jauh berbeda jika sudah dibawa pulang. Sekilo Wader Goreng ini bisa dihargai sekitar 50.000 ribu sampai 75. 000 ribu rupiah 

Nah teman-teman, itulah beberapa makanan khas Wonogiri yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata kuliner kalian. Jangan khawatir, dijamin deh kelezatannya, tinggal kalian memutuskan untuk memilih makanan khas Wonogiri yang mana. Karena beberapa macam makanan khas Wonogiri di atas sudah sangat populer dan sangat ngangenin pokoknya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 6 Makanan Khas Wonogiri Yang Paling Ngangenin Sedunia

0 komentar:

Posting Komentar